Pengertian Investasi, Investor serta Tips Aman Berinvestasi

Pengertian Investasi, Investor serta Tips Aman Berinvestasi
Pengertian Investasi, Investor serta Tips Aman Berinvestasi
Sudahkan Anda dan keluarga menyiapkan dana/tabungan untuk masa depan? Jika belum sebaiknya Anda mencoba melakukan investasi guna mempersiapkan modal di masa mendatang. Pada artikel zonabisnis.net ini dijelaskan dengan detail apa itu investasi serta tips bagaimana cara melakukan investasi yang aman bagi pemula.

Pengertian Investasi, Investor serta Tips Aman Berinvestasi |Zonabisnis.net

Pengertian Investasi, Investor dan Tips Aman Berinvestasi


Pengertian Investasi Menurut Para Ahli.


Investasi menurut ilmu ekonomi adalah pengeluaran penanaman modal ataupun perusahaan demi membeli barang-barang aset dan juga perlengkapan produksi dami menambah kemampuan memproduksi barang serta jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Pengertian investasi menurut ahli ekonomi adalah, inevstasi bisa diartikan sebagai penanaman aset/modal. Pada setiap tahunnya investasi memiliki peran yang sangat vital dalam perkembangan perekonomian baik di dalam negeri ataupun luar negeri.

Pegertian investasi secara umum adalah penanaman modal/aset maupun dana yang dilakukan oleh  perusahaan/perorangan (investor) dalam jangka waktu tertentu (jangka panjang dan pendek) guna mendapatkan timbal balik dimasa yang akan datang. Semisal tujuan Anda melakukan investasi adalah untuk membangun/membeli rumah, menyekolahkan anak atau membuka usaha lainnya dari hasil keuntungan berinvestasi.

Apa itu Investasi?

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa investasi adalah salah satu cara perihal mengembangkan jumlah uang/harta/modal/aset yang dimiliki oleh seseorang/perusahaan.

Seorang pelaku investasi biasanya disebut investor, dimana investor inilah yang akan menanam modal/aset bisa berupa pemberian jaminan keamanan, gaji buruh dan lain-lain.

Apa itu Diversifikasi?

Sistem investasi diversifikasi adalah investasi dengan menyebar modal/dana yang dimiliki ke beberapa jenis investasi. Sistem diversifikasi juga bisa diterapkan pada satu jenis investasi yang ada.

Sebagai contoh Anda mempunyai banyak modal/dana untuk diinvestsikan. Anda menentukan investasi saham, dan Anda menyebarkan modal/dana tidak hanya pada satu perusahaan saja, melainkan kebeberapa perusahaan lainnya.

Hal ini juga salah satu strategi umum dalam melakukan investasi, karena jika salah satu perusahaan ada yang bangkrut, maka Anda sebagai investor masih relatif aman karena mempunyai investasi ke perusahaan lainnya.

Anda menentukan jangka waktu berinvestasi dan waktu yang tepat

Menetapkan jangka waktu berinvestasi adalah salah satu poin yang mempunyai pengaruh besar bagi Anda. Karena dari semua jenis investasi, jangka waktu pasti menentukan perkembangan modal/uang Anda.

Sebagai contoh bila Anda berinvestasi jenis obligasi, Anda bisa mengambil jangka waktu 5 tahun.

Hubungan waktu yang tepat untuk berinvestasi adalah dengan jangka waktu investasi yang tersedia, maka semakin cepat maka Anda semakin cepat memanennya. Sehingga bila pada 4-5 tahun ke depan Anda anak/sodara yang ingin masuk sekolah/universitas maka, melakukan investasi meruapkan langkah yang sangat bijak.

Tips Sederhana Cara Berinvestasi yang Aman

Bagi Anda yang ingin mencoba berinvestasi sebaiknya Anda pahami dahulu point-point penting berikut.

Anda harus mempunyai tujuan yang jelas

Kenapa harus mempunyai tujuan yang jelas (objective) dalam berinvestasi? Karena ini merupakan hal terpenting untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan kemudian.

Dengan mempunyai tujuan investasi yang jelas, maka Anda akan tahu apakah harus mengambil investasi jangka panjang ataupun ivestasi jangka pendek. Nah disinilah faktor penting tentang tujuan investasi Anda.

Anda harus menyiapkan modal yang sesuai dengan tujuan Anda

Modal (capital) yaitu pembahasan mengenai dana/aset yang Anda miliki sekarang. Pada era sekarang dengan modal uang 100 ribu pun kini kita bisa mulai berinvestasi. Meski sebenarnya besar kecil modal itu snagat mempengaruhi jenis investasi yang ada, semisal investasi emas, saham maupun properti.

Anda harus paham risiko sebagai investor dari jenis investasi yang diambil

Lebih pentingnya dari invstasi adalah Anda harus sadar dan paham akan segala resiko dari jenis investasi yang diambil. Seperti faktor untung dan rugi melakukan investasi. Entah dari hal kecil seperti resiko anda memilih jenis investasi ini, Anda harus mulai mencari tambahan modal karna uang yang ada belum cukup.

Kesimpulan Tentang Berinvestasi

  • Sebelum melakukan investasi, anda harus mempunyai tujuan yang jelas.
  • Pahami dan telusuri terlebih dahulu lembaga/pialang yang mengadakan investasi. Apakah terpercaya dan bagaimana trek recordnya.
  • Siapkan modal untuk berinvestasi.
Nah itulah dasar-dasar investasi yang harus Anda (sebagai pemula) pelajari dan pahami dalam memulai sebuah investasi. Jika Anda masih kesulitan ataupun kebingungan, Anda bbisa mencari informasi lainnya atau mengikuti panduan manual khusus yang disediaka oleh lembaga/pihak pialang (perantara) investasi.
Advertisement
Previous
This Is The Oldest Page