Tips Sukses Usaha Supaya Bisnis Mudah Berkembang

Tips Sukses Usaha Supaya Bisnis Mudah Berkembang
Tips Sukses Usaha Supaya Bisnis Mudah Berkembang
Bagi seorang pengusaha muda atau pengusaha pemula yang baru terjun ke dalam dunia bisnis, pastilah mereka akan mencari keuntungan/laba yang banyak dalam waktu yang singkat. Dan inilah yang menjadi godaan terbesar bagi para pengusaha muda/pemula. Apalagi jika modal Anda cukup atau lebih dan semangat masih menggebu-gebu. Sehingga cara menggunakan modalnya salah, karna digunakan sekaligus guna mencarai sumber daya/produk.

Padahal salah satu yang membuat para pengusah muda lepas kendali adalah adanya laba/keuntungan yang besar tiba-tiba hadir di awal bisnis yang baru dibangunnya. Dan mereka berfoya-foya, padahal harus Anda ingat bahwa dunia bisnis dan perdangan merupakan ranah yang tidak pasti alias selalu berganti. Sekarang naik suatu ketika akan turun.
Lalu bagaimana caranya agar usaha bisnis kita bisa sukses dan berjalan lancar atau berumur panjang? Nah simak artikel di bawah ini karna zona bisnis akan menjelaskan secara detail.

Tips Sukses Usaha Supaya Bisnis Lancar dan Berumur Panjang

1. Pisahkan urusan pribadi dan bisnis

Mengerti namun susah buat dipraktekkan! Dimana bagi seorang pengusaha muda untuk memisahkan urusan pribadi dengan urusan bisnisnya. Dikarenakan sumber modal berujung pada hal sama. Sebagai contoh untuk memisahkan uang pribadi dengan keuangan usaha/bisnis. Nah disinilah kita harus bisa memisahkan uang usaha dengan uang pribadi, jikalau Anda ingin sukses.

Usaha akan berjalan lancar dan sukses, jika Anda bisa mencatat dan mengatur keuangan bisnis Anda

Dengan melakukan pencatatan keuangan yang baik, maka uang Anda tidak akan tumpang tindih. Dimana uang bisnis dan uang pribadi Anda. Dengan begitu Anda juga akan mudah dalam menghitung laba/keuntungan dari usaha bisnis yang sedang dibangun.

Lalu bagaimana caranya untuk dapat memilah atau memisah keuangan bisnis dengan keuangan pribadi?

Langkah pertama yang palig mudah adalah segeralah Anda membuat rekening baru di bank. Sehingga uang usaha tetap keluar masuk di rekening bisnis, sedangkan uang pribadi tetap keluar masuk di rekening pribadi. Itu hanya salah satu tips untuk memisahkan uang pribadi dan bisnis Anda. Anda bisa menciptkan tips lain yang lebih bagus dari ini.

2. Lakukan prinsip hemat dan efisien dalam hal pengeluaran

Untuk tips sukses usaha/bisnis kedua yaitu lakukan pengeluaran secara sehat/efisien. Ingat ya efisien jadi bukan berarti Anda harus menjadi orang pelit. Bagi saya pelit dan efisien itu beda jauh. Kalau efisien itu sudah mempunyai pertimbangan apa dan untuk apa saya beli ini itu. Jadi apa yang dibeli pastilah akan berdampat pada kemajuan usaha yang sedang Anda rintis. Untuk pelit itu sebuah sifat orang yang kalau bisa jangan dicontoh.

3. Cek dan aturlah anggaran Anda

Dalam bisnis apapun pastilah selalu membutuhkan anggaran, entah modal kecila maupun besar. Sehingga Anda wajib selalu lakukan cek dan mengatur anggaran usaha Anda. Sebagai contoh untuk membeli bahan produksi membutuhkan dana sekian dan akan mendapat keuntungan sekian. Nah dari situ Anda harus selalu mencatat dan cek modal Anda. Sehingga keuangan dalam bisnis Anda selalu tercatat dengan rapi.

Kegunaan cek dan mengatur anggaran ini berfungsi jika, usaha Anda mengalami bangkrut Anda sudah bisa melihat tanda-tandanya sedini mungkin dari hasil cek anggaran tersebut. Sehingga Anda dapat melakukan langkah antisipasi sedini mungkin.

4. Perhatikan tenaga kerja Anda

Biaya untuk tenaga kerja harus dipatok dengan jelas. Karena tenaga kerja Anda merupakan potensi bekembang ataupun tidaknya usaha Anda. Coba saja jika upah kerja pegawai Anda sedikit, bisa jadi tenaga kerja Anda bekerjanya asal-alasan dan akan mempengaruhi produktivitas usaha ANda.

Sehingga alangkah baiknya, gaji tenaga dipertimbangkan, diperhatikan dengan baik. Seperti gaji pokok, uang lembur, tunjangan kesehatan dan lain-lain. Intinya usahakan buatlah tenaga Anda senang dan  nyaman bekerja di tempat Anda.

Dan jangan lupa usahakan merekrut pekerja sesuai dengan bidang kemampuannya, agar hasilnya bagus dan memuasakan.

Selain itu jika keuntungan pada bulan ini meningkat melebihi target, usahakan berikan bonus kepada para pekerja. Meski bonus tersebut terbilang kecil, tapi membuat tenaga kerja Anda senang. Dan efeknya mereka akan semangat dalam bekerja untuk ANda.

5. Bayar dan tagih tepat waktu

Tips sukses usaha selajutnya adalah bayar tagihan Anda secara teratur dan tepat waktu. Karena sudah banyak contohnya dimana usaha sedang besar-besarnya tiba-tiba lenyap dikarenakan adanya tunggakan pajak yang lama tidak dibayarkan. Anda sudah bisa membayangkan sendiri kan? Jadi jangna pernah sepelekan tentang tagihan-tagihan yang sifatnya kecil, kredit pinjaman, asuransi pegawai dan kewajiban lainnya. Hal yang sederhana ini mampu menyelamatkan bisnis Anda hingga umur panjang.

6. Gunakan jasa konsultan

Jika usaha/bisnis Anda makin berkembang, jangan ragu lagi gunakan konsultan yang handal dan dapat dipercaya. Karena bagaimanapun Anda sangat membutuhkan seorang konsultan handal untuk terus memajukan usaha Anda. Anda bisa menyewa seorang tenaga ahli/konsultan untuk melakukan evaluasi kelemahan dan kelebihan bisnis Anda. Sehingga bisnis Anda akan tetap berjalan dengan baik dan tumbuh dengan besar.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda simak video dibawah ini.

Nah Tips Sukses Usaha Supaya Bisnis Mudah Berkembang sudah Anda baca. Sehigga sekarang menjadi tugas Anda para pelaku usaha mau seperti apa usaha Anda ke depan? Apakah ingin berkemabang dan maju atau malah rugi dan terpuruk. Silahkan segera mulai hal-hal diatas dan jangan lupas share artikel ini ya! Semoga bermanfaat.
Advertisement