Berapa Biaya Modal Usaha Gorengan Gerobak | Zona Bisnis

Berapa Biaya Modal Usaha Gorengan Gerobak | Zona Bisnis
Berapa Biaya Modal Usaha Gorengan Gerobak | Zona Bisnis
Untuk memulai membuka usaha bisnis gorengan anda pasti membutuhkan yang namanya modal usaha. Entah itu berupa peralatan maupun uang. Dan bisnis gorengan merupakan lahan yang selalu ada dan terjangkau bagi kelas menengah ke bawah untuk dapat mendirikan bisnis gorengan ini. Karena bisnis gorengan ini tidaklah membutuhkan modal yang besar.
Berapa Biaya Modal Usaha Gorengan Gerobak | Zona Bisnis

Kali ini zona bisnis akan menjelaskan rincian biaya yang Anda butuhkan untuk membuka bisnis gorengan yang terjangkau. Jadi silahkan baca sampai selasai artikel di bawah ini. Karena dalam arktikel ini juga terdapat tips-tips agar jualan laris manis.

Rincian Analisis Bisnis Gorengan Gerobak

Bagaimanakah analisis usaha gorengan? Berdasarkan pengalaman dan pengamatan zona bisnis di lapangan, ditemukan bahwa bisnis gorengan ini tidak akan ada hentinya. Dimanapun tempat nya bisnis gorengna ini bisa dijalankan. Dan sudah pasti untuk pelanggan pun akan selalu hadir. Karena menu gorengan merupakan makanan kesukaan semua orang, entah anak maupun orang tua.

Keuntungan Usaha Gorengan

Dalam hal keuntungan kebanyakan para pengusaha bisnis gorengan ini bisa meraup untung 100% dan bahkan ada yang lebih. Bagaimana tidak, coba bayangkan saja harga 1 gorengan bisa seharga Rp800,- higga Rp1.000,-. Sebagai contoh gorengan tempe saja. Jika Anda beli tempe plastiskan, harga satu tempe kisaran Rp1.500,-. Bayangkan dengan modal bahan pokok tempe tadi ANda bisa menjadikan potongan-potongan tempt yang banyak (alis tipis-tipis), kalo tidak percaya silahkan buktikan saja dengan beli ditmepat penjual gorengan.

Nah dari situ saja ANda pasti sudah mulai paham akan betapa prosepeknya bisnis gorengan ini bukan?

Berikut ini saja jelaskan juga mengenai beberapa keuntungan dari bisnis gorengan yang belum Anda sadari.

1. Pasar luas

Bisnis goregnan sangatlah unik dan mudah sekali tumbuh. Artinya bisnis gorengan itu banyak sekali saingannya namun tetap  berani bersainga dan masih mempunyai kesempatan yang sama. Kenapa pasar luas? Karena hampir semua orang menyukai cemilan gorengan ini. Dan anda bisa berjualan secara kaki lima maupun secara keliling komplek yang ada.

2. Laris manis

Membuka usaha gorengan dapat dipastikan laris manis, jika Anda bisa memberikan pelayanan yang bagus ramah tamah dan tentunya rasanya enak. Para pelanggang pasti juga akan memilih gorengan yang pastinya rasanya enak meski harga lebih mahal sendikit. Karena kalo hanya murah saja namun rasa tidak enak meraka tidak akan beli lagi. Jadi untuk harga bisa menyusaikan dengan bagaimana rasa dari gorengan yang Anda jual.

3. Bebas inovasi

Bisnis gorengan merupakan salah satu usaha yang paling bebas dalam hal kreatifitas dan inovasi dibandingkan dengan usaha kuliner lainnya. Jika tidak percaya silahkan coba beli gorengan dibeberapa penjual gorengan, pastilah harga, rasa maupun bentuk berbeda. Karena setiap penjua mempunyai inovasi dan kreastifitas sendiri untuk mengembangkan usaha mereka. Dan yang pasti karena tidak terikat aturan yang jliet seperti usaha kuliner lainnya.

4. Mudah dijalankan

Bisnis gorengan ini sangatlah mudah dijalankan, untuk izin sangat gampang. Dan tidak membutuhan tenaga ahli, cukup dengan Anda mempunyai peralatan yang dibituhkan dan sedikit anda bisa menggoreng sudah bisa dijalakan. Untuk reseppun Anda tinggal serching di google maupun di (resep asap dapur) dan akan muncul banyak sekali.

Diatas adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis gorengan. Selanjutnya adalah rincian biaya modal usaha gorengan yang bisa Anda siapkan dari awal hingga siap berjualan gorengan.

Rincian Modal/Biaya Bisnis Gorengan Gerobak

Berapa Biaya Modal Usaha Gorengan Gerobak | Zona Bisnis
Agar Anda dapat mengentahui berapa jumlah biaya/modal yang dibutuhkan dalam membuka usaha gorengan, berikut ini zona bisnis jelaskan biaya dari awal hingga akhir.

1. Investasi Awal

  • 1 buah gerobak unik dan sederhana biaya 1 juta
  • Peralatan masak biaya Rp300 ribu
  • Perlengkapan usaha Rp200 ribu
  • Kompor gas serta regulator Rp500 ribu
  • Tabung gas 3 kg penuh Rp200 ribu

Jadi total biaya/modal keseluruhan untuk membuka usaha gorengan yaitu Rp2.200.000,-.

2. Biaya Operasional Usaha Harian

  • Pengadaan/pembelian bahan baku gorengan, seperti tempe, tahu, gandung, terigu dll Rp100 ribu.
  • Gas elpiji 3 kg Rp 30 ribu
  • Minyak goreng 4 liter Rp 20 ribu
  • Biaya listrik dan kebersihan Rp20 ribu
  • Biaya tak terduga Rp100 ribu

Jadi total biaya bisnis gorengan perhari adalah Rp250 ribu. Jika sebulan berarti 250 x 30 hari adalah 

3. Biaya Operasional Usaha per Bulan

  • Gaji karyawan Rp 700 ribu

Jadi total biaya usaha gorengan perbulan adalah Rp700 ribu ditambah biaya harian (sudah dikalikan sebulan) yaitu 700 + 7.500 = Rp8.200.000 perbulan.

Perhitungan Keuntungan Jualan Gorengan

Jika dalam satu hari saja Anda bisa menjual 400 gorengan dengan harga satuan gorengan adalah Rp800 rupiah maka keuntungan kotor yang didapatkan adalah Rp320 ribu. Jika dikalikan dalam 30 hari (sebulan) maka keuntungan kotornya adalah Rp9.600.000,-.

Nah untuk keuntungan bersih dari bisnis gorengan selama sebulan adalah keuntungan kotor sebulan dikurangi biaya operaional sebulan. Jadi Rp9.600.000 - Rp8.200.000 = Rp1.400.000,- perbulan. Ini adalah keuntungan bersih ANda.

Itulah rincian biaya usaha gorengan yang bisa Anda pahami dan Anda coba. Selamat berwirausaha dan semoga sukses. jangan lupa share tulisan ini ya.
Advertisement