Bisnis Lele yang Menguntungkan dengan Modal 2 Jutaan

Bisnis Lele yang Menguntungkan dengan Modal 2 Jutaan
Bisnis Lele yang Menguntungkan dengan Modal 2 Jutaan
Salah satu bisnis budidaya ikan yang menjanjikan adalah bisnis ikan lele. Dimana bisnis ikan lele hingga saat ini masih tetap menjanjikan serta cerah. Seperti kita ketahui bersama, ikan lele merupakan jenis ikan yang paling banyak dijadikan bahan konsumsi oleh masyarakat kita.
Bisnis Lele yang Menguntungkan dengan Modal 2 Jutaan
Anda bisa temukan hampir disetiap waarung makan bahkan restoran pasti menghidangkan masakan yang berbahan baku dari ikan lele. Apalagi jika Anda mencarinya di tepian jalan raya ataupun jalan kampung, banyak sekali para pedagang ikan lele (lele goreng maupun lel bakar) dan juga ada ikan lele kremes.

Cara Bisnis Ternak Lele yang Menguntungkan

Dalam bisnis budidaya ikan lele biasanya para perternak lele menggunakan 3 macam jenis kolam. Yang bisa Anda gunakan.

Macam-Macam Kolam Lele

1. Kolam Terpal adalah kolam lele yang terbuat dari terpal. Dimana biayanya paling murah dari pada dua jenis kolam lele tanah dan beton.

2. Kolam Tanah adalah kolam lele yang cara buatnya di tanah. Pada umumnya peternak akan membuat kolam dengan cara menggali tanah sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Dan pastinya disesuaikan dengan berapa jumlah indukan lele.

3. Kolam Beton adalah kolam lele yang terbuat dari beton maupun semen. Dan sudah tentu biayanya pun lebih maham dari kedua jenis kolam diatas.

Namun dikarena zonabisnis ini menjelaskan cara bisnis ikan lele yang khususnya dijalankan oleh pengangguran, maka kebanyakan mereka mempunyai modal yang pas-pasan. OLeh karena hal tersebut zona bisnis akan menjelaskan bagaimana cara bisnis lele dengan modal hanya Rp 2.000.000 saja.

Dan sudah tentu dengan modal sedemikian maka saya sarankan untuk kolam pilihlah kolam yang terbuat dari terpal.

Contoh Cara Analisis Usaha Bisnis Budidaya Lele

A. Modal Investasi Awal

  • Dua buah terpal biaya Rp600.000,00
  • Bambu Rp300.000,00
  • Paku satu kg Rp10.000,00
  • Lain-lain Rp40.000,00

    Jumlah total investasi awal bisnis ikan lele Rp950.000,00

B. Biaya Operasional Bulanan

  • Pembelian bibit lele 2.000 ekor, @Rp500.000,00
  • Pakan lele/pelet Rp500.000,00
  • Vitamin obat dan lain-lain Rp100.000,00

    Jumlah total biaya operasional bulanan bisnis budidaya ikan lele Rp1.100.000,00

C. Asumsi Pendapatan Perbulan

  • Pendapatan asumsi panen lele total 500 kg dan kematian sebanyak 10% dengan harga Rp10.000/kg = Rp5.000.000,00
  • Keuntungan pendapatan biaya operasional bulanan Rp5.000.000,00 - Rp1.100.000,00 = Rp3.900.000,00
Selain ternak ikan lele, bisnis lain adalah dengan bisnis olahan masakan ikan lele, seperti lele bakar, lele gorang, lele kremes dan masih banyak lainnya. Semakin Anda kreatif, maka akan semakin kaya Anda dalam memanfaatkan ikan lele sebagai bahan baku untuk masakan/hidangan Anda.

Catatan untuk Anda yang ingin bisnis lele

Keuntungan bisnis lele ini adalah keuntungan untuk panen pertama, dimana untuk panen selanjutnya lebih besar. Dengan asumsi karena pada panen kedua Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya seperti membuat kolam ikan lele baru, cukup menggunakan yang sudah ada. Kecuali Anda ingin memperbanyak kolam lelenya.

Dan cara bisnis budidaya lele ini dikerjakan sendiri (tidak memakai karyawan) dan lahan untuk kolam juga memakai lahan sendiri, sehingga tidak mengeluarkan uang untuk sewa tempat.

Nah seperti itulah gambaran cara bisnis budidaya ikan lele yang menguntungkan yang bisa Anda coba. Karena bisnis lele ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.
Advertisement