Cara Memulai Usaha Budidaya Kroto Rumahan Untuk Pemula

Cara Memulai Usaha Budidaya Kroto Rumahan Untuk Pemula
Cara Memulai Usaha Budidaya Kroto Rumahan Untuk Pemula
Cara Memulai Usaha Budidaya Kroto Rumahan Untuk Pemula- Banyak dari kita menganggap bahwa kroto dan semut rangrang/nyangkrang adalah sama. Padahal kroto dengan semut rangrang sangat berbeda meski keduanya saling berkaitan. Terlepas dari sama atau tidaknya kroto dengan semut rangrang, kali ini zonapelatih akan membahas dari segi financial yang dapat mendatangkan pendapatan buat kita semua.

Peluang usaha budidaya kroto memang belum pupuler seperti usaha lainnya. Namun dari sinilah peluang besar berasal, ANda harus segera memulai karna persaingan masih sedikit, padahal permintaan akan kroto sangatlah besar.


Cara Memulai Usaha Budidaya Kroto Rumahan Untuk Pemula


Kroto atau telur kroto biasanya digunakan untuk pakan burung kesayangan Anda. Karena dipercaya memiliki kandungan yang banyak gizi yang sangat dibutuhkan oleh burung agar menghasilkan burung berkualitas bagus. Dan yang pasti para pecinta burung biasanya orang-orang yang berduit. Sehingga harga kroto yang mahal tetap lah akan laku terjual.

Di pasaran harga kroto bisa mencapai Rp250,000,0 per kg nya, dan pastilah itu harga yang tinggi bukan? Padahal jiak Anda jeli melihat peluang, ini merupakan peluang besar bagi Anda. Karena kebanyak kroto yang dijual tersebut berasa dari hutan atau orang mencari dari pohon-pohon. Padahal kroto sebenarnya bisa dibudidayakan.

Cara Budidaya Kroto Untuk Pemula yang Menghasilan Omset Perbulan

Dengan melihat keadaan ini, maka mulailah untuk membuat usaha budidaya kroto, dimana hanya membutuhkan modal yang terbiang kecil. Dna yang paling dibutuhkan adalah ketekunan dan ketelatenan. Modal yang dibutuhkan hanya kisaran 200-350 rb saja.

Sebelum masuk ke bagaimana cara bisnis budidaya kroto, alangkah baiknya kita memperhatikan analisis usaha budidaya ternak kroto di rumah terlebih dahulu. Dan kita asumsikan seprti di bawah ini.

1. Kebutuhan jumlah indukan untuk kita pelihra per koloni atau botol harganya adalah 200 rb.


2. Periode usaha adalah sekitar 2-3 bulanan, dimana akan menghasilkan 4 kali sarang hingga menjadi 800


3. Untuk jumlah 200 sarang maka kita membutuhkan tempat seluas 4 meter persegi.


Modal Awal atau Investasi

  • Untuk membuat kandang ternak kroto 2 buah adalah @ Rp250.000 = Rp500.000,-
  • Toples untuk tepat sarang indukan kroto 200 buah @ Rp3000 = Rp600.000,-
  • Perlengkapan untuk kandang (tempat makan kroto, minum kroto) 40 buah @ Rp2000 = Rp80.000,-


Biaya Produksi tiap bulan untuk buddaya kroto

Kita membutuhkan dana/biaya setiap bulannya sejumlah 400 rb digunakan untuk pakan dan cairan manis kawanan kroto tersebut.

Cara Memulai Usaha Budidaya Kroto Rumahan Untuk Pemula

Perhitungan Pendapatan Budidaya Kroto

Dala usaha apapun kita harus dapat memperkirakan atau memprediksi penghasilan yang akan kita daaptkan. Seperti halnya pada usaha budidaya kroto ini kita memperkirakan dalam setiap sarang/toples kita menghasilan 1 ons kroto dengan harga kroto per kg adalah 200 rb. Dan dapat kita kalkulasikan bahwa pendapatan kita adalah:

Keseluruhan anak kroto = 1 ons x 800 sarang = 800 ons = 80 kg
Keseluruhan pendapatan usaha yaitu 80 kg x 200 rb = 16 juta

16 juta itulah hasil kita selama dua bulan sehingga tiap bulannya kita mampu mendapatkan omset dari penjualan kroto sebesar 8 juta.

Keuntungan bersih per bulan dari omset 8 juta tersebut adalah:

keuntungan perulan = Pedapatan/omset perbulan- cost produksi/biaya produksi
= 8 juta -  200 ribu = 7,8 juta

Nah keuntungan kita perbulan kalau sudah panen tiap bulan adalah 7,8 juta.

Nah karena sekrang Anda sudah paham mengenai perhitungan dan biaya yang dibutuhkan dalam memulai beternak kroto, maka saatnya Anda mulai belaajar bagaimana caranya budidaya kroto di rumah untuk pemula yang dapat menghasilkan omset tiap bulan.

Cara Mudah Usaha Budidaya Kroto Untuk Pemula

Salah satu cara budidaya kroto dapat kita mulai dengan mencari kroto di pohon-pohon sekitar rumah kita. Caranya dengan mengambil langsung sarang dari pohonnya heheh. Namun resikonya adalah Anda akan diserang oleh gerombolan semut rangrang/kroto dan itu sudah lumrah terjadi.

Cara mengambil dan mulai budidaya kroto

Cara pertama budidaya kroto
  1. Potonglah ranting sarang kroto pada pohon tersebut.
  2. Lalu masukkan ke dalam karung/plastik/langsung pada toples.
  3. Dan siapkan ember atau lodong besar dimana tepian sudah ditaburi tepung, ini supaya kroto tidak bisa lari.
  4. Masukkan kroto kedalam ember/lodong besar dengan daun-daunnya dibuang beserta jaring-jaringnya. Ini dimaksudkan supaya kroto membuat sarang yang baru.
  5. Dan buatlah jembatan antar toples bisa menggunakan lidi atau benar.
  6. Dan silahkan diamkan saja, hingga kroto akan membuat sarang dengan sendirinya. Anda hanya perlu memberikan makan dan tempat air minum saja.


Cara kedua budidaya kroto

Cara memberi makan pada kroto

Makan merupakan hal penting dan paling utama dalam budidaya kroto. Dengan memberi makan yang disukai kroto maka akan meningkatkan perkembangan ternak kroto dengan maksimal.

Dalam memberi makan dan minum kroto Anda bisa menyiapkan botol plastik yang dipotong bagian bawahnya atau juga bisa menggunakan tutup botol toples. Anda bisa memberi makan kroto dengan ulat hongkong atau jangkrik serta belalang.

Selain itu juga bisa memberikan minuman dengan air gula aren, karena kroto juga menyukai yang manis manis.

Cara Panen Kroto

Cara panen kroto dalam toples sangatlah mudah, dan Anda tidak perlu takut jika akan digigit oleh ratusan kroto. Karena dengan sarang toples Anda hanya perlu mengguncang-guncangkan toples dengan sedikit keras, maka anak kroto akan pada jatuh sendiri. 

Selain itu sebelum melakukan panen sebaiknya tangan Anda dilumui dengan tepung dahulu. Agar tidak banyak mendaptkan gigitan semut rangrang.

Cara Pemasan atau Penjualan Kroto

Anda bisa menjualnya di warung-warung pakn burung, disitu pasti permintaan sangat tinggi. Atau And ajuga bisa memasarkan melalui media media sosial seperti FB dan grup WA. Dan ini yang paling simpel dan mudah. Carilah grup atau komunitas pencinta burung, maka akan mudah sekali dalam menjual kroto hasil budidaya kroto tersebut.

Nah inilah artikel tentang cara usaha budidaya kroto untuk pemula agar mendapatkan omset setiap bulan. Jika Anda tips atau cara lain silahkan tambahkan pada kolom komentar.
Advertisement